Friday, September 7, 2012

Pelajaran dan Pengalaman yang aku dapet dari KKN Mandiri PGSD FKIP UNSRI 2012

KKN? Pertama aku denger aku ngerasa takut n kayak ga sanggup buat ngjalani nya. 1 minggu sebelum berangkat aku ngrasa galau, aku takut berpisah sm keluarga, apalgi sama pacar. Aku selalu sedih n minta sama dia 1 minggu wajib ketemu setiap hari. Waktu itu berangkat senin tanggal 25 juni 2012, n yang buat aku kecewa hari minggu aku bisa ketemu sama dia. Sedih banget tapi syukurlah paginya aku d anter sama dia, nyokap, laila n luna.
Sesampai di desa talang cempedak ato tempat KKN kami, Tempatnya sih bagus, di daerah perairan gitu. Kami tinggal di rumah kades desa tersebut. Sambutan awal cukup biasa sekali. 3 hari pertama kami menjelajahi isi desa tersebut, terbagi menjadi 4 bagian. Daerah laut, darat, ulu dan ilir. Dan kami tinggal di daerah laut, bukan karena ada lautnya tapi karena di belakang rumah kades terdapat sungai yang cukup panjang dan menjadi transportasi hampir seluruh warga disitu dan juga menjadi mata pencaharian mereka.
Awalnya aku kurang betah tapi lama kelamaan mengasyikan juga, warganya cukup baik, dan yang paling aku suka anak-anak disana. Setelah program kerja disusun, kamipun mulai sibuk untuk melaksanakannya. Sangat-sangat melelahkan. Dan hubungan aku sama pacar aku pun sudah mulai terbiasa. Minggu pertama aku menelpon trus, sms ga putus. Pokoknya aku pengen nelpon trus, tapi lama kelamaan aktifitas dan kegiatanpun semakin padat. Dia pun disana sibuk dengan aktifitasnya, komunikasi pun mulai berkurang, sms jarang menelpon pun ga pernah lagi. Tapi bukan berarti rasa sayng aku berkurang, malah bertambah, rasa kangen pun bertambah sangat banyak. Mungkin dia biasa aja sama aku,, tapi ga buat aku. Cewek terkadang sangat aneh dan menyebalkan tapi begitulah sifat cewek. Aku pun ga terlalu suka dengan semua itu. Tapi kodrat kali yah.
Kembali lagi ke desa, setelah bimbel di mulai, mengaji di mulai, aktifitas yang super padat pun mengahampiri. Aiiiii…..capeg. Dalam 2 minggu aku uda 4 kali sakit. Parah ni badan aku, tapi bukan berarti aku manja n ga bisa hidup di desa. Masalah adaptasi dimanapun aku berada, aku bisa koq. Mungkin karena aktifitas yang sangat padat membuat tubuh aku jadi lemah n mudah sakit, tapi sedih banget naah waktu sakit ga di rawat, ga di jenguk, ga diperhatiin sama pacar. Karena dia disana sibuk banget, terkadang aku sms ga di balesnya sangking sibuknya.
Anak-anak disana sangat ngangenin bagi aku, aku akrab sama beberapa anak-anak cowok. Aku sering ngajar bimbel mereka, kalo dilihat2 walaupun mereka nakal sangat tapi sumpah mereka pinter juga yah, ngajinya bagus lagi. Salut deh. Aktifitas tiap hari pagi masak, ngajar di SD, pulang makan siang, Ngajar bimbel, langsung ngaji. Gitu2 trus, melelahkan sih. Tapi sehari ga ketemu mereka sepi banget, terkadang setelah makan suang pengen istirahat sebentar tiba2 anak2 uda pada diluar nungguin kami buat bimbel. Suatu hari aku capeg ngajar bimbel, anak-anak juga bosan. Akhirnya aku sama anak-anak tadi maen bola, gila uda lama banget ga maen bola kaki. Dulu terakhir kelas 2 SMA waktu itu ada pertandingan bola kaki cewek dalam rangka hari kartini. Huh- capeg banget. Tapi ngliat mereka maen nya srius banget aku jadi suka…n saayaang mereka. Sebagian anak permainan nya uda bagus banget, cocok tu masuk club bola. Meskipun Talang Cempedak FC. Hhehe Skor terakhir adalah 8-1 kemenangan tim aku. Akupun nyumbangin 2 gool yang lumayan indah. Hahaha aku ga tau kalo itu pertandingan pertama dan terakhir. Seharusnya aku lebih sering maen bareng mereka.
Ngajar di SD, aku kuliah mengambil jurusan S-1 PGSD yang akhirnya bakal jadi guru SD. Jadi ngajar di SD memang bukan program kerja KKN kami, tapi meskipun begitu kami mesti tetap mengajar di SD. Sekaligus belajar lah buat PPL ntar. Ternyata mengajar itu tidak sesulit yang aku bayangi, itu sangat mengasyikan, bisa interaksi langsung dengan anak-anak.
Pokoknya program kerja kami alhamdulillah tercapai smua, yeah \(‘_’)/. Tak terasa 1 bulan setengahpun berlalu, 6 agustus 2012. Sebelum itu kami mengadakan perpisahan sama karang taruna, anak-anak, dan warga desa. Sedih, aku nangisnya paling heboh banget, ngomongnya tomboy tapi kalo urusan yang kayak gitu2an wah…..meloowwww sangat aku!!!! Aku paling ga tega liat anak-anak, mereka masih gangguin aku n ngatain aku cengeng n nangis2 gitu, padahal aku tau banget tu mata mereka merah banget.huh dasar anak-anak, mereka tu unyu banget, ngasi aku gelang, bros jilbab.
KKN memberiku pelajaran yang sangat banyak, pertama bagaimana aku harus bersikap dirumah orang, tutur sapa sama warga, ngadepin anak-anak yang super duper bandel n yang mesti harus sabar. Biasanya aku suka rebut sama adek2 aku, tapi mpe sekarang ni aku masih sabar n ga cepet marah. Banyak banget pengalaman yang tak akan bisa dilupakan, kalo KKN biasanya identik dengan kecantol sama warga situ, temen2 banyak gitu. Ada yang sama temen sendiri, sama warga situ. Bener2 ajaib, tapi syukur alhamdulillah bukan apa2 ni yah, hehe mungkin aku ni yang paling hebat. Aku tetep ngjaga hati aku buat pacar aku yang sekarang mulai sibuuuk berat. Aku sama sekali ga ada niat apapun, mending aku sibuki bersama anak-anak aja. Lebih bermanfaat n tetap setia sama satu pasangan, lagian pacar aku selalu sms yang buat aku tetap teguh n ga negative thingking sama dia, yang aku tinggal laamaa banget.
Walaupun gimanapun KKN tu Unik, Seru, Asyik, Berpengalaman, Alhamdulillah juga aku bisa 1 kelompok bareng temen2 yang gokil n ga munafik waktu berteman jadi walaupun 1 atap, 1 kasur, 1 piring mereka tetap ga ada yang berubah, sikap n sifat sama seperti waktu berteman di kelas,,. Ga akan bisa lupa. Kirain KKN tu serem, ga taunya ………Seruu :’)

No comments:

Post a Comment