BAB I
PENDAHULUAN
Tunanetra
adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami
gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Berdasarkan tingkat
gangguannya/kecacatannyaTunanetra dibagi dua yaitu buta total (total blind)
dan yang masih mempunyai sisa penglihatan (Low Visioan). Alat bantu
untuk mobilitasnya bagi tuna netra dengan menggunakan tongkat khusus, yaitu
berwarna putih dengan ada garis merah horizontal.
Akibat hilang/berkurangnya fungsi indra penglihatannya maka tunanetra berusaha
memaksimalkan fungsi indra-indra yang lainnya seperti, perabaan, penciuman,
pendengaran, dan lain sebaginya sehingga tidak sedikit penyandang tuna netra
yang memiliki kemampuan luar biasa misalnya di bidang musik atau ilmu
pengetahuan.
Definisi
menurut hukum merupakan definisi yang sering digunakan oleh orang awam maupun
orang orang yang berkecimpung dalam profesi medis. Definisi menurut hukum yang
meliputi penilaian terhadap ketajaman visual dan bidang pandang (field )
digunakan untuk memenuhi apakah seseorang memenuhi syarat atau tidak untuk
mendapatkan manfaat hukum yang tersedia. Menurut definisi tersebut: Orang yang
buta adalah orang yang memiliki ketajaman penglihatan 20/200 atau kurang, baik
dengan koreksi ( misalnya menggunakan kacamata ) maupun tidak, atau orang yang
memiliki keluasan bidang pandang yang sempit, dengan besar sudut pandang tidak
lebih jauh dari 200.
Secara
edukasional Orang yang buta adalah orang yang tidak dapat menggunakan
penglihatannya untuk tujuan belajar ( Suran & Rizzo 1979) sehingga
penddikan mereka secara utama diberikan melalui indera pendengaran, peraba, dan
kinestetik ( Teldord & Sawrey,1981). Untuk tujuan pendidikan, individu yang
mengalami kebutaan adalah individu yang sangat terganggu, yang harus diajarkan
membaca dengan hurf Braille atay dengan menggunakan metode aural ( audiotape).
Adapun individu yang melihat sebagian ( partially sighted ) dapat membaca buku
walaupun mereka membutuhkan peralatan yang dapat memperbesar bacaan atau
membaca buku dengan huruf yang besar-besar ( Teldord & Sawrey,1981).
BAB II
ISI
A. PENGERTIAN TUNANETRA
Menurut Hallahan dan Kauffman (1988) terdapat dua cara yang sangat umum
untuk mendefinisikan gagguan penglihatan ( kebutaan ) yaitu:
• Menurut hukum.
Definisi
menrut hukum merupakan definisi yang sering digunakan oleh orang awam maupun
orang orang yang berkecimpung dalam profesi medis. Definisi menurut hukum yang
meliputi penilaian terhadap ketajaman visual dan bidang pandang (field )
digunakan untuk memenuhi apakah seseorang memenuhi syarat atau tidak untuk
mendapatkan manfaat hukum yang tersedia. Menurut definisi tersebut: Orang yang
buta adalah orang yang memiliki ketajaman penglihatan 20/200 atau kurang, baik
dengan koreksi ( misalnya menggunakan kacamata ) maupun tidak, atau orang yang
memiliki keluasan bidang pandang yang sempit, dengan besar sudut pandang tidak
lebih jauh dari 200. Pecahan 20/200 bermakna bahwa orang ( denganganguan
penglihatan ) melihat pada jarak 20 kaki ( feet ) apa yang orang normal lihat
pada jarak 200 kaki ( ketajaman visual normal adalah 20/20 ) Pada klasifikasi
medis tentang kebutaan terdapat kategori yang diartikan sebagai buta sebagian (
partially blind ) atau melihat sebagian ( partially sighted ) adalah yang orang
yang memiliki ketajaman visual antara 20/70 hingga 20/200 dengan koreksi.
individu yang memiliki ketajaman visual antara 20/70 dapat membaca huruf yang tingginya
11/4 inchi sedangkan individu dengan ketajaman visual 20/200 dapat membaca
huruf yang tingginya 21/2 inchi.
•
Secara edukasional.
Orang yang buta
adalah orang yang tidak dapat menggunakan penglihatannya untuk tujuan belajar (
Suran & Rizzo 1979) sehingga penddikan mereka secara utama diberikan
melalui indera pendengaran, peraba, dan kinestetik ( Teldord &
Sawrey,1981). Untuk tujuan pendidikan, individu yang mengalami kebutaan adalah
individu yang sangat terganggu, yang harus diajarkan membaca dengan hurf
Braille atay dengan menggunakan metode aural ( audiotape). Adapun individu yang
melihat sebagian ( partially sighted ) dapat membaca buku walaupun mereka
membutuhkan peralatan yang dapat memperbesar bacaan atau membaca buku dengan
huruf yang besar-besar ( Teldord & Sawrey,1981).
1. Tunanetra
Apakah tunanetra? Tunanetra adalah
seseorang yang memiliki hambatan dalam penglihatan/tidak berfungsinya indera
penglihatan.
Tunanetra memiliki keterbatasan dalam penglihatan antara lain:
a. Tidak dapat melihat gerakan tangan pada jarak kurang dari 1 (satu) meter.
b. Ketajaman penglihatan 20/200 kaki yaitu ketajaman yang mampu melihat suatu benda pada jarak 20 kaki.
c. Bidang penglihatannya tidak lebih luas dari 20º. (Heward & Orlansky, 1988:p.296)
Tunanetra memiliki keterbatasan dalam penglihatan antara lain:
a. Tidak dapat melihat gerakan tangan pada jarak kurang dari 1 (satu) meter.
b. Ketajaman penglihatan 20/200 kaki yaitu ketajaman yang mampu melihat suatu benda pada jarak 20 kaki.
c. Bidang penglihatannya tidak lebih luas dari 20º. (Heward & Orlansky, 1988:p.296)
2. Low Vision
Apakah Low Vision itu? Berdasarkan
definisi World Health Organization (WHO), seseorang dikatakan Low Vision
apabila:
- Memiliki kelainan fungsi penglihatan meskipun telah dilakukan pengobatan, misalnya operasi dan atau koreksi refraksi standart (kacamata atau lensa).
- Mempunyai ketajaman penglihatan kurang dari 6/18 sampai dapat menerima persepsi cahaya.
- Luas penglihatan kurang dari 10 derajat dari titik fiksasi
- Secara potensial masih dapat menggunakan penglihatannya untuk perencanaan dan atau pelaksanaan suatu tugas.
Gejala Gangguan Penglihatan
Umumnya di dasarkan pada
gejala-gejala perilaku atau tes screening yang sifatnya masih kasar . adapun
gejala utama dari gangguan penglihatan yang meliputi ( Teldord &
Sawrey,1981).
1. Mengalami iritasi mata
kronis, seperti mata berair, lingkaran mata merah, kelopak mata bengkak.
2. Mual, penglihatan ganda ,
kabur selama membaca.
3. Mengosok gosok mata,
mengerutkan dahi, atau mengubah raut muka ketika melihat objek berjarak.
4. Memiliki sikap hati hati
yang berlebihan dalam berjalan., jarang berlari, dan terhuyung huyung untuk
alasan yang tidak nyata .
5. Secara abnormal tidak
memperhatikan papan tulis, grafik dinding atau peta.
6. Mengeluh bahwa
penglihatannya kabur dan berusaha menghilangkan halangan visual.
7. Gelisah berlebihan, lekas
marah dan gugup ketika mengikuti tugas visual yang berlangsung lama.
8. Mengedipkan mata secara
berlebihan, terutama dalam membaca.
9. Kebiasaan memegang buku
dengan jarak yang sangat dekat, sangat jauh, atau dalam psisi yang tidak biasa
ketika membaca.
10.Memiringkan kepala ke satu
sisi ketika membaca.
B. KLASIFIKASI
Klasifikasi
tunanetra secara garis besar dibagi empat yaitu:
1. Berdasarkan waktu terjadinya ketunanetraan
- Tunanetra sebelum dan sejak lahir; yakni mereka yang sama sekali tidak memiliki pengalaman penglihatan.
- Tunanetra setelah lahir atau pada usia kecil; mereka telah memiliki kesan-kesan serta pengalaman visual tetapi belum kuat dan mudah terlupakan.
- Tunanetra pada usia sekolah atau pada masa remaja; mereka telah memiliki kesan-kesan visual dan meninggalkan pengaruh yang mendalam terhadap proses perkembangan pribadi.
- Tunanetra pada usia dewasa; pada umumnya mereka yang dengan segala kesadaran mampu melakukan latihan-latihan penyesuaian diri.
- Tunanetra dalam usia lanjut; sebagian besar sudah sulit mengikuti latihan-latihan penyesuaian diri.
2. Berdasarkan kemampuan daya penglihatan
- Tunanetra ringan (defective vision/low vision); yakni mereka yang memiliki hambatan dalam penglihatan akan tetapi mereka masih dapat mengikuti program-program pendidikan dan mampu melakukan pekerjaan/kegiatan yang menggunakan fungsi penglihatan.
- Tunanetra setengah berat (partially sighted); yakni mereka yang kehilangan sebagian daya penglihatan, hanya dengan menggunakan kaca pembesar mampu mengikuti pendidikan biasa atau mampu membaca tulisan yang bercetak tebal.
- Tunanetra berat (totally blind); yakni mereka yang sama sekali tidak dapat melihat.
3. Berdasarkan pemeriksaan klinis
- Tunanetra yang memiliki ketajaman penglihatan kurang dari 20/200 dan atau memiliki bidang penglihatan kurang dari 20 derajat.
- Tunanetra yang masih memiliki ketajaman penglihatan antara 20/70 sampai dengan 20/200 yang dapat lebih baik melalui perbaikan.
4. Berdasarkan kelainan-kelainan pada mata
- Myopia; adalah penglihatan jarak dekat, bayangan tidak terfokus dan jatuh di belakang retina. Penglihatan akan menjadi jelas kalau objek didekatkan. Untuk membantu proses penglihatan pada penderita Myopia digunakan kacamata koreksi dengan lensa negatif.
- Hyperopia; adalah penglihatan jarak jauh, bayangan tidak terfokus dan jatuh di depan retina. Penglihatan akan menjadi jelas jika objek dijauhkan. Untuk membantu proses penglihatan pada penderita Hyperopia digunakan kacamata koreksi dengan lensa positif.
- Astigmatisme; adalah penyimpangan atau penglihatan kabur yang disebabkan karena ketidakberesan pada kornea mata atau pada permukaan lain pada bola mata sehingga bayangan benda baik pada jarak dekat maupun jauh tidak terfokus jatuh pada retina. Untuk membantu proses penglihatan pada penderita astigmatisme digunakan kacamata koreksi dengan lensa silindris.
C. PENYEBAB
Faktor yang menyebabkan terjadinya ketunanetraan
antara lain:
1.
Pre-natal
Faktor
penyebab ketunanetraan pada masa pre-natal sangat erat hubungannya dengan
masalah keturunan dan pertumbuhan seorang anak dalam kandungan, antara lain:
a.
Keturunan
Ketunanetraan
yang disebabkan oleh faktor keturunan terjadi dari hasil perkawinan bersaudara,
sesama tunanetra atau mempunyai orang tua yang tunanetra. Ketunanetraan akibat
faktor keturunan antara lain Retinitis Pigmentosa, penyakit pada retina
yang umumnya merupakan keturunan. Penyakit ini sedikit demi sedikit menyebabkan
mundur atau memburuknya retina. Gejala pertama biasanya sukar melihat di malam
hari, diikuti dengan hilangnya penglihatan periferal, dan sedikit saja
penglihatan pusat yang tertinggal.
b.
Pertumbuhan seorang anak dalam kandungan
Ketunanetraan
yang disebabkan karena proses pertumbuhan dalam kandungan dapat disebabkan
oleh:
- Gangguan waktu ibu hamil.
- Penyakit menahun seperti TBC, sehingga merusak sel-sel darah tertentu selama pertumbuhan janin dalam kandungan.
- Infeksi atau luka yang dialami oleh ibu hamil akibat terkena rubella atau cacar air, dapat menyebabkan kerusakan pada mata, telinga, jantung dan sistem susunan saraf pusat pada janin yang sedang berkembang.
- Infeksi karena penyakit kotor, toxoplasmosis, trachoma dan tumor. Tumor dapat terjadi pada otak yang berhubungan dengan indera penglihatan atau pada bola mata itu sendiri.
- Kurangnya vitamin tertentu, dapat menyebabkan gangguan pada mata sehingga hilangnya fungsi penglihatan.
2. Post-natal
Penyebab ketunanetraan yang terjadi pada masa
post-natal dapat terjadi sejak atau setelah bayi lahir antara lain:
a.
Kerusakan pada mata atau saraf mata pada waktu persalinan, akibat
benturan alat-alat atau benda keras.
b. Pada
waktu persalinan, ibu mengalami penyakit gonorrhoe, sehingga baksil gonorrhoe
menular pada bayi, yang pada ahkirnya setelah bayi lahir mengalami sakit dan
berakibat hilangnya daya penglihatan.
c.
Mengalami penyakit mata yang menyebabkan ketunanetraan, misalnya:
- Xeropthalmia; yakni penyakit mata karena kekurangan vitamin A.
- Trachoma; yaitu penyakit mata karena virus chilimidezoon trachomanis.
- Catarac; yaitu penyakit mata yang menyerang bola mata sehingga lensa mata menjadi keruh, akibatnya terlihat dari luar mata menjadi putih.
- Glaucoma; yaitu penyakit mata karena bertambahnya cairan dalam bola mata, sehingga tekanan pada bola mata meningkat.
- Diabetik Retinopathy; adalah gangguan pada retina yang disebabkan karena diabetis. Retina penuh dengan pembuluh-pembuluh darah dan dapat dipengaruhi oleh kerusakan sistem sirkulasi hingga merusak penglihatan.
- Macular Degeneration; adalah kondisi umum yang agak baik, dimana daerah tengah dari retina secara berangsur memburuk. Anak dengan retina degenerasi masih memiliki penglihatan perifer akan tetapi kehilangan kemampuan untuk melihat secara jelas objek-objek di bagian tengah bidang penglihatan.
- Retinopathy of prematurity; biasanya anak yang mengalami ini karena lahirnya terlalu prematur. Pada saat lahir masih memiliki potensi penglihatan yang normal. Bayi yang dilahirkan prematur biasanya ditempatkan pada inkubator yang berisi oksigen dengan kadar tinggi, sehingga pada saat bayi dikeluarkan dari inkubator terjadi perubahan kadar oksigen yang dapat menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah menjadi tidak normal dan meninggalkan semacam bekas luka pada jaringan mata. Peristiwa ini sering menimbulkan kerusakan pada selaput jala (retina) dan tunanetra total.
d. Kerusakan
mata yang disebabkan terjadinya kecelakaan, seperti masuknya benda keras atau
tajam, cairan kimia yang berbahaya, kecelakaan dari kendaraan, dll.
D. KARAKTERISTIK
1.
Tunanetra
a.
Fisik
Keadaan
fisik anak tunanetra tidak berbeda dengan anak sebaya lainnya. Perbedaan nyata
diantara mereka hanya terdapat pada organ penglihatannya.
Gejala
tunanetra yang dapat diamati dari segi fisik diantaranya:
1) Mata juling
2) Sering berkedip
3) Menyipitkan mata
4) (kelopak) mata merah
5) Mata infeksi
6) Gerakan mata tak beraturan dan cepat
7) Mata selalu berair (mengeluarkan air mata)
8) Pembengkakan pada kulit tempat tumbuh bulu mata.
1) Mata juling
2) Sering berkedip
3) Menyipitkan mata
4) (kelopak) mata merah
5) Mata infeksi
6) Gerakan mata tak beraturan dan cepat
7) Mata selalu berair (mengeluarkan air mata)
8) Pembengkakan pada kulit tempat tumbuh bulu mata.
b.
Perilaku
1) Ada
beberapa gejala tingkah laku yang tampak sebagai petunjuk dalam mengenal anak
yang mengalami gangguan penglihatan secara dini: Menggosok mata secara
berlebihan
- Menutup atau melindungi mata sebelah, memiringkan kepala atau mencondongkan kepala ke depan.
- Sukar membaca atau dalam mengerjakan pekerjaan lain yang sangat memerlukan penggunaan mata.
- Berkedip lebih banyak daripada biasanya atau lekas marah apabila mengerjakan suatu pekerjaan.
- Membawa bukunya ke dekat mata.
- Tidak dapat melihat benda-benda yang agak jauh.
- Menyipitkan mata atau mengkerutkan dahi.
- Tidak tertarik perhatiannya pada objek penglihatan atau pada tugas-tugas yang memerlukan penglihatan seperti melihat gambar atau membaca.
- Janggal dalam bermain yang memerlukan kerjasama tangan dan mata.
- Menghindar dari tugas-tugas yang memerlukan penglihatan atau memerlukan penglihatan jarak jauh.
2)
Penjelasan lainnya berdasarkan adanya beberapa keluhan seperti:
(a) Mata
gatal, panas atau merasa ingin menggaruk karena gatal.
(b) Banyak mengeluh tentang ketidakmampuan dalam melihat.
(c) Merasa pusing atau sakit kepala.
(d) Kabur atau penglihatan ganda.
(b) Banyak mengeluh tentang ketidakmampuan dalam melihat.
(c) Merasa pusing atau sakit kepala.
(d) Kabur atau penglihatan ganda.
c.
Psikhis
Secara
psikhis anak tunanetra dapat dijelaskan sebagai berikut:
1)
Mental/intelektual
Intelektual
atau kecerdasan anak tunanetra umumnya tidak berbeda jauh dengan anak
normal/awas. Kecenderungan IQ anak tunanetra ada pada batas atas sampai batas
bawah, jadi ada anak yang sangat pintar, cukup pintar dan ada yang kurang
pintar. Intelegensi mereka
lengkap yakni memiliki kemampuan dedikasi, analogi, asosiasi dan sebagainya.
Mereka juga punya emosi negatif dan positif, seperti sedih, gembira, punya rasa
benci, kecewa, gelisah, bahagia dan sebagainya.
2) Sosial
- Hubungan sosial yang pertama terjadi dengan anak adalah hubungan dengan ibu, ayah, dan anggota keluarga lain yang ada di lingkungan keluarga. Kadang kala ada orang tua dan anggota keluarga yang tidak siap menerima kehadiran anak tunanetra, sehingga muncul ketegangan, gelisah di antara keluarga. Akibat dari keterbatasan rangsangan visual untuk menerima perlakuan orang lain terhadap dirinya.
- Tunanetra
mengalami hambatan dalam perkembangan kepribadian dengan timbulnya beberapa
masalah antara lain:
(1) Curiga terhadap orang lain
Akibat dari keterbatasan rangsangan visual, anak tunanetra kurang mampu berorientasi dengan llingkungan, sehingga kemampuan mobilitaspun akan terganggu. Sikap berhati-hati yang berlebihan dapat berkembang menjadi sifat curiga terhadap orang lain.
Untuk mengurangi rasa kecewa akibat keterbatasan kemampuan bergerak dan berbuat, maka latihan-latihan orientasi dan mobilitas, upaya mempertajam fungsi indera lainnya akan membantu anak tunanetra dalam menumbuhkan sikap disiplin dan rasa percaya diri.
(2) Perasaan mudah tersinggung
Perasaan mudah tersinggung dapat disebabkan oleh terbatasnya rangsangan visual yang diterima. Pengalaman sehari-hari yang selalu menumbuhkan kecewa menjadikan seorang tunanetra yang emosional.
(3) Ketergantungan yang berlebihan
Ketergantungan ialah suatu sikap tidak mau mengatasi kesulitan diri sendiri, cenderung mengharapkan pertolongan orang lain. Anak tunanetra harus diberi kesempatan untuk menolong diri sendiri, berbuat dan bertanggung jawab. Kegiatan sederhana seperti makan, minum, mandi, berpakaian, dibiasakan dilakukan sendiri sejak kecil.
Perasaan mudah tersinggung dapat disebabkan oleh terbatasnya rangsangan visual yang diterima. Pengalaman sehari-hari yang selalu menumbuhkan kecewa menjadikan seorang tunanetra yang emosional.
(3) Ketergantungan yang berlebihan
Ketergantungan ialah suatu sikap tidak mau mengatasi kesulitan diri sendiri, cenderung mengharapkan pertolongan orang lain. Anak tunanetra harus diberi kesempatan untuk menolong diri sendiri, berbuat dan bertanggung jawab. Kegiatan sederhana seperti makan, minum, mandi, berpakaian, dibiasakan dilakukan sendiri sejak kecil.
2.
Low Vision
Beberapa
ciri yang tampak pada anak low vision antara lain:
- Menulis dan membaca dengan jarak yang sangat dekat
- Hanya dapat membaca huruf yang berukuran besar.
- Mata tampak lain; terlihat putih di tengah mata (katarak) atau kornea (bagian bening di depan mata) terlihat berkabut.
- Terlihat tidak menatap lurus ke depan.
- Memicingkan mata atau mengerutkan kening terutama di cahaya terang atau saat mencoba melihat sesuatu.
- Lebih sulit melihat pada malam hari daripada siang hari.
- Pernah menjalani operasi mata dan atau memakai kacamata yang sangat tebal tetapi masih tidak dapat melihat dengan jelas.
E. ALAT
PENDIDIKAN
1.
Bagi Tunanetra
Alat
pendidikan bagi tunanetra dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu alat
pendidikan khusus, alat bantu dan alat peraga.
a.
Alat pendidikan khusus anak tunanetra antara lain:
1)
reglet dan pena,
2) mesin tik Braille,
3) computer dengan program Braille,
4) printer Braille,
5) abacus,
6) calculator bicara,
7) kertas braille,
8) penggaris Braille,
9) kompas bicara.
2) mesin tik Braille,
3) computer dengan program Braille,
4) printer Braille,
5) abacus,
6) calculator bicara,
7) kertas braille,
8) penggaris Braille,
9) kompas bicara.
b.
Alat Bantu
Alat
bantu pendidikan bagi anak tunanetra sebaiknya menggunakan materi perabaan dan
pendengaran.
- Alat bantu perabaan sebagai sumber belajar menggunakan buku-buku dengan huruf Braille.
- Alat bantu pendengaran sebagai sumber belajar diantaranya talking books (buku bicara), kaset (suara binatang), CD, kamus bicara
c.
Alat Peraga.
Alat
peraga tactual atau audio yaitu alat peraga yang dapat diamati melalui perabaan
atau pendengaran. Alat peraga tersebut antara lain:
- benda asli : makanan, minuman, binatang peliharaan (kucing, ayam, ikan hias, dll) tubuh anak itu sendiri, tumbuhan/tanaman, elektronik, kaset, dll.
- benda asli yang diawetkan : binatang liar/buas atau yang sulit di dapatkan,
- benda asli yang dikeringkan (herbarium, insektarium)
- benda/model tiruan; model kerangka manusia, model alat pernafasan, dll.
- gambar timbul sesuai dengan bentuk asli; grafik, diagram dll.
- Gambar timbul skematik; rangkaian listrik, denah, dll.
- Peta timbul; provinsi, pulau, negara, daratan, benua, dll.
- Globe timbul
- Papan baca
- Papan paku
2. Bagi Low Vision
Alat
bantu pendidikan dan peraga bagi anak low vision dibagi tiga yaitu alat bantu
optik dan non optik serta alat peraga.
a.
Alat bantu optik antara lain:
1)
kacamata
2) kacamata perbesaran
3) syand magnifier
4) hand magnifier
5) kombinasi
6) telescop
7) CCTV
2) kacamata perbesaran
3) syand magnifier
4) hand magnifier
5) kombinasi
6) telescop
7) CCTV
b.
Alat bantu non optik antara lain:
1)
kertas bergaris tebal
2) spidol
3) spidol hitam
4) pensil hitam tebal
5) buku-buku dengan huruf yang diperbesar
6) penyangga buku
7) lampu meja
8) typoscope
9) tape recorder
10) bingkai untuk menulis
2) spidol
3) spidol hitam
4) pensil hitam tebal
5) buku-buku dengan huruf yang diperbesar
6) penyangga buku
7) lampu meja
8) typoscope
9) tape recorder
10) bingkai untuk menulis
c.
Alat peraga bagi anak low vision:
Alat peraga bagi anak low vision adalah alat peraga
visual, antara lain:
- gambar-gambar yang diperbesar.
- benda asli; makanan, minuman, binatang peliharaan (kucing, ayam, ikan hias, dll) tubuh anak itu sendiri, tumbuhan/tanaman, elektronik, kaset, dll.
- benda asli yang diawetkan; binatang liar/buas atau yang sulit di dapatkan,
- benda asli yang dikeringkan (herbarium, insektarium)
- benda/model tiruan; model kerangka manusia, model alat pernafasan.
F. TENAGA
KEPENDIDIKAN
Tenaga
kependidikan yang dibutuhkan antara lain:
1. Guru dengan kualifikasi:
- SGPLB (Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa)
- Sarjana (S-1) PLB
- Pasca Sarjana (S-2) PLB
- Sarjana (S-1) bukan PLB tetapi memiliki latar belakang keahlian tertentu/khusus yang dibutuhkan anak tunanetra, seperti; Pendidikan Agama, Musik, Massage, dll.
- Guru sekolah umum yang diberi training minimal 6 bulan
2.
Psikolog
Psikolog
diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan intelegensi anak tunanetra.
Disamping itu membantu guru dalam assessment. Tujuan assessment adalah untuk
mengetahui sejauhmana potensi dan kekurangan/hambatan yang dimiliki anak tunanetra,
sehingga dapat diketahui apa kebutuhan anak tunanetra dalam proses
pembelajaran.
3.
Dokter mata
Rekomendasi
dari dokter mata sangatlah diperlukan bagi lembaga penyelenggara pendidikan
tunanetra. Seorang dokter mata memiliki kewenangan untuk menentukan bahwa
seseorang memiliki hambatan dalam penglihatan.
4.
Optometris
Kemampuan
penglihatan anak tunanetra dapat dikatehui salah satunya dari hasil assessment
klinis yang dilakukan oleh seorang optometris. Kondisi anak tunanetra dapat
diketahui melalui laporan hasil assessment, misalnya:
a. Ketajaman penglihatan
b. lapang pandang
c. kebutuhan media baca tulis
d. alat bantu yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan anak
e. alat peraga yang dibutuhkan
f. penempatan di dalam kelas
a. Ketajaman penglihatan
b. lapang pandang
c. kebutuhan media baca tulis
d. alat bantu yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan anak
e. alat peraga yang dibutuhkan
f. penempatan di dalam kelas
G. LAYANAN
PENDIDIKAN
1.
Jenjang Pendidikan
Jenjang
pendidikan bagi anak tunanetra terdiri dari:
a.
Taman Kanak-kanak Luar Biasa (TKLB)
- Program Kegiatan Belajar:
(a) Program umum: pembentukan perilaku melalui pengembangan Pancasila, agama, disiplin, perasaan/emosi dan kemampuan bermasyarakat, serta pengembangan kemampuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan dan jasmani.
(b) Program khusus: Orientasi dan Mobilitas. - Susunan Program Pengajaran:
• Kegiatan belajar 3 jam perhari. Setiap jam pelajaran lamanya 30 menit. - Lama Pendidikan: berlangsung selama satu sampai tiga tahun
- Usia: sekurang-kurangnya berusia 3 tahun
- Rasio guru dan murid: 1 guru membimbing 5 peserta didik.
- Sistem guru:
(a) Guru kelas, kecuali untuk bidang pengembangan Orientasi dan Mobilitas.
(b) Team teaching
b.
Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)
1) Kurikulum:
- Program Umum: pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kerajian Tangan dan Kesenian, pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Program Khusus: Orientasi dan Mobilitas, dan Braille
- Program Muatan Lokal antara lain: bahasa Daerah, bahasa Inggris, Kesenian Daerah atau lainnya yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Daerah setempat.
2)
Susunan Program Pengajaran:
Kegiatan
belajar sekurang-kurangnya 30 sampai 42 jam pelajaran tiap minggu. Untuk kelas
I dan II setiap jam pelajaran lamanya 30 menit, kelas III sampai dengan VI
setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.
3) Lama Pendidikan: berlangsung selama sekurang-kurangnya 6 tahun.
4) Usia: sekurang-kurangnya berusia 6 tahun
5) Rasio guru dan murid: 1 guru mengajar maksimal 12 siswa.
6) Sistem guru:
(a) Guru kelas, kecuali untuk mata pelajaran Orientasi dan Mobilitas, pendidikan Agama, pendidikan jasmani dan Kesehatan.
(b) Team teaching
(c) Mengembangkan program pendidkan individual bagi siswa tunanetra yang membutuhkan layanan tertentu.
3) Lama Pendidikan: berlangsung selama sekurang-kurangnya 6 tahun.
4) Usia: sekurang-kurangnya berusia 6 tahun
5) Rasio guru dan murid: 1 guru mengajar maksimal 12 siswa.
6) Sistem guru:
(a) Guru kelas, kecuali untuk mata pelajaran Orientasi dan Mobilitas, pendidikan Agama, pendidikan jasmani dan Kesehatan.
(b) Team teaching
(c) Mengembangkan program pendidkan individual bagi siswa tunanetra yang membutuhkan layanan tertentu.
c. Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB)
1) Kurikulum:
- Program Umum: pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, pendidikan Jasmani dan Kesehatann bahasa Inggris.
- Program Khusus: Orientasi dan Mobilitas, dan Braille.
- Program Muatan Lokal: bahasa Daerah, Kesenian Daerah atau lainnya yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Daerah setempat.
- Program Pilihan: paket keterampilan Rekayasa, Pertanian, Usaha dan Perkantoran, Kerumahtanggaan, dan Kesenian.
2)
Susunan Program Pengajaran: Kegiatan belajar sekurang-kurangnya 42 jam pelajaran tiap minggu. Setiap
jam pelajaran lamanya 45 menit. Alokasi waktu program umum, program khusus dan
muatan lokal kurang lebih 48%, sedangkan alokasi waktu program pilihan kurang
lebih 52%.
3)
Lama Pendidikan:
berlangsung selama sekurang-kurangnya 3 tahun.
4)
Siswa: telah tamat
Sekolah Dasar Luar Biasa atau satuan pendidikan yang
sederajat/setara.
sederajat/setara.
5)
Rasio guru dan murid: 1 guru mengajar maksimal 12 siswa.
6)
Sistem guru: Guru mata
pelajaran
d.
Sekolah Menengah Luar Biasa (SMLB)
1) Kurikulum:
- Program Umum: pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, pendidikan Jasmani dan Kesehatan Bahasa Inggris.
- Program Khusus: Braille
- Program Pilihan: paket keterampilan Rekayasa, Pertanian, Usaha dan Perkantoran, Kerumahtanggaan, dan Kesenian.
2)
Susunan Program Pengajaran:
Kegiatan
belajar sekurang-kurangnya 42 jam pelajaran tiap minggu. Setiap jam pelajaran
lamanya 45 menit.
Alokasi waktu program umum kurang lebih 38%, sedangkan alokasi waktu program plihan kurang lebih 62%.
Alokasi waktu program umum kurang lebih 38%, sedangkan alokasi waktu program plihan kurang lebih 62%.
3)
Lama Pendidikan:
berlangsung selama sekurang-kurangnya 3 tahun.
4)
Siswa: telah tamat
Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat/setara. 5) Rasio guru dan murid: 1
guru mengajar maksimal 12 siswa.
6)
Sistem guru: Guru mata
pelajaran
2.
Model Pendidikan
a.
Pendidikan Khusus (SLB)
SLB
adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak
berkebutuhan khusus.
1) Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunanetra; yaitu sekolah yang hanya memberikan pelayanan pendidikan kepada anak tunanetra.
2) Sekolah Dasar Luar Biasa; yaitu sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus, dengan bermacam jenis kelainan yaitu tunanetra, tunarungu, tunagrahita, dan tunadaksa.
1) Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunanetra; yaitu sekolah yang hanya memberikan pelayanan pendidikan kepada anak tunanetra.
2) Sekolah Dasar Luar Biasa; yaitu sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus, dengan bermacam jenis kelainan yaitu tunanetra, tunarungu, tunagrahita, dan tunadaksa.
b.
Pendidikan Terpadu
Pendidikan
Terpadu ialah model penyelenggaraan program pendidikan bagi anak yang
berkebutuhan khusus yang diselenggarakan bersama-sama dengan anak normal dalam
satuan pendidikan yang bersangkutan di sekolah reguler (SD,SMP, SMA dan SMK)
dengan menggunakan kurikulum yang berlaku di lembaga pendidikan yang
bersangkutan (Kepmendikbud No. 002/U/1986).
Dalam
pendidikan terpadu harus disiapkan:
1)
Seorang guru Pembimbing Khusus (Guru PLB)
2) Sebuah ruangan khusus yang dilengkapi dengan alat pendidikan bagi anak yang berkebutuhan khusus . Ruangan khusus ini dibuat dengan tujuan apabila anak yang berkebutuhan khusus tersebut mengalami kesulitan di dalam kelas, maka ia dibawa ke ruang khusus untuk diberi pelayanan dan bimbingan oleh guru Pembimbing Khusus. Bimbingan ini dapat berupa:
2) Sebuah ruangan khusus yang dilengkapi dengan alat pendidikan bagi anak yang berkebutuhan khusus . Ruangan khusus ini dibuat dengan tujuan apabila anak yang berkebutuhan khusus tersebut mengalami kesulitan di dalam kelas, maka ia dibawa ke ruang khusus untuk diberi pelayanan dan bimbingan oleh guru Pembimbing Khusus. Bimbingan ini dapat berupa:
(a)
bantuan untuk lebih memahami dan menguasai materi pelajaran, dengan menggunakan
alat bantu atau alat peraga,
(b) pengayaan agar ketika anak belajar di kelas bersama anak lainnya anak tunanetra sudah siap menerima materi pelajaran,
(c) rehabilitasi sosial bagi anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebayanya.
(b) pengayaan agar ketika anak belajar di kelas bersama anak lainnya anak tunanetra sudah siap menerima materi pelajaran,
(c) rehabilitasi sosial bagi anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebayanya.
c.
Guru Kunjung
Di dalam
sistem Pendidikan Luar Biasa terdapat sebuah model pelayanan pendidikan bagi
anak yang berkebutuhan khusus yaitu dengan model Guru Kunjung.
Model guru kunjung ini dilakukan dalam upaya pemerataan pendidikan bagi anak yang berkebutuhan khusus usia sekolah. Oleh karena sesuatu hal, anak tsb tidak dapat belajar di sekolah khusus atau sekolah lainnya, seperti:
Model guru kunjung ini dilakukan dalam upaya pemerataan pendidikan bagi anak yang berkebutuhan khusus usia sekolah. Oleh karena sesuatu hal, anak tsb tidak dapat belajar di sekolah khusus atau sekolah lainnya, seperti:
1)
Tempat tinggal yang sulit dijangkau akibat dari kemampuan mobilitas yang
terbatas
2) Jarak sekolah dan rumah terlalu jauh
3) Kondisi anak tunanetra yang tidak memungkinkan untuk berjalan.
4) Menderita penyakit yang berkepanjangan
5) Dll.
2) Jarak sekolah dan rumah terlalu jauh
3) Kondisi anak tunanetra yang tidak memungkinkan untuk berjalan.
4) Menderita penyakit yang berkepanjangan
5) Dll.
Pelayanan
pendidikan dengan model guru kunjung ini bisa dilaksanakan di beberapa tempat,
diantaranya;
1) Rumah
anak tunanetra sendiri
2) Pada sebuah tempat yang dapat menampung beberapa anak tunanetra
3) Rumah sakit
4) Dll.
2) Pada sebuah tempat yang dapat menampung beberapa anak tunanetra
3) Rumah sakit
4) Dll.
Kurikulum
yang digunakan pada model guru kunjung adalah kurikulum PLB, kemudian
dikembangkan kepada program pendidikan individual yang disesuaikan dengan
kemampuan dan kebutuhan masing-masing anak.
d.
Pendidikan Inklusif
Pendidikan
inklusif adalah pendidikan reguler yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang
memerlukan pendidikan khusus pada sekolah reguler dalam satu kesatuan yang
sistemik.
Berdasarkan
Keputusan Mendikbud No. 0491/U/1992, anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus
seperti tunanetra dapat belajar secara terpadu dengan anak sebaya lainnya dalam
satu sistem pendidikan yang sama. Layanan pendidikan di dalam pendidikan
inklusif memperhatikan:
- Kebutuhan dan kemampuan siswa
- Satu sekolah untuk semua
- Tempat pembelajaran yang sama bagi semua siswa
- Pembelajaran didasarkan kepada hasil assessment
- Tersedianya aksesibilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga siswa merasa aman dan nyaman.
- Lingkungan
kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang fleksibel, yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan setiap siswa.
PENUTUP
- KESIMPULAN
Tunanetra adalah seseorang yang memiliki hambatan dalam penglihatan/tidak berfungsinya
indera penglihatan.
Tunanetra memiliki keterbatasan dalam penglihatan antara lain:
a. Tidak dapat melihat gerakan tangan pada jarak kurang dari 1 (satu) meter.
b. Ketajaman penglihatan 20/200 kaki yaitu ketajaman yang mampu melihat suatu benda pada jarak 20 kaki.
c. Bidang penglihatannya tidak lebih luas dari 20º. (Heward & Orlansky, 1988:p.296)
Tunanetra memiliki keterbatasan dalam penglihatan antara lain:
a. Tidak dapat melihat gerakan tangan pada jarak kurang dari 1 (satu) meter.
b. Ketajaman penglihatan 20/200 kaki yaitu ketajaman yang mampu melihat suatu benda pada jarak 20 kaki.
c. Bidang penglihatannya tidak lebih luas dari 20º. (Heward & Orlansky, 1988:p.296)
Klasifikasi tunanetra secara garis besar dibagi empat yaitu: 1. Berdasarkan waktu terjadinya ketunanetraan,
2. Berdasarkan kemampuan daya
penglihatan, 3. Berdasarkan pemeriksaan klinis, dan 4. Berdasarkan kelainan-kelainan pada mata.
Faktor yang menyebabkan terjadinya ketunanetraan antara lain: 1.
Pre-natal (a. Keturunan
dan b. Pertumbuhan seorang anak
dalam kandungan) 2. Post-natal (a. Kerusakan pada mata atau
saraf mata pada waktu persalinan, akibat benturan alat-alat atau benda keras.,
b. Pada waktu persalinan, ibu mengalami penyakit gonorrhoe, c. Mengalami
penyakit mata yang menyebabkan ketunanetraan, )d. Kerusakan mata yang
disebabkan terjadinya kecelakaan, seperti masuknya benda keras atau tajam,
cairan kimia yang berbahaya, kecelakaan dari kendaraan, dll.
Karakteristik antara lain : a. Fisik, b. Perilaku dan c.
Psikhis. Alat pendidikan bagi tunanetra dapat dibagi menjadi tiga
bagian yaitu alat pendidikan khusus, alat bantu dan alat peraga. Tenaga
kependidikan yang dibutuhkan antara lain:1. Guru ,2. Psikolog,
3. Dokter mata, 4. Optometris.
Jenjang pendidikan bagi anak tunanetra terdiri dari: Taman Kanak-kanak Luar
Biasa (TKLB), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) , Sekolah Menengah Pertama Luar
Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Luar Biasa (SMLB). Model Pendidikan :
Pendidikan Khusus (SLB), Pendidikan Terpadu, Guru Kunjung, Pendidikan Inklusif.
DAFTAR PUSTAKA
Suparno. 2008. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Nasional.
No comments:
Post a Comment